Laman

Senin, 07 Mei 2012

Koperasi dan KUD di Pedesaan


PENDAHULUAN

Latar belakang
Peran koperasi dalam rangka efisiensi dan efektifitas  dilakukan oleh induk KUD serta KUD juga berperan penting bagi masyarakat desa karena dengan adanya KUD masyarakat dengan mudah mendapatkan kebutuhan pokok sehari-hari.

PEMBAHASAN

Koperasi dan KUD di Pedesaan
Koperasi di daerah pedesaan sangatlah penting karena dapat meringankan beban penduduk dengan adanya koperasi masyarakat bias hidup sejahtera.pengertian koperasi itu sendiri adalah salah satu cara paling tepat untuk meningkatkan perekonomian khususnya didaerah pedesaan. Ini dikarenakan infrastruktur dipedesaan belum memedai, akibat infrastruktur tersebut para investor merasa belumnyaman untuk mendirikan sebuah bank di daerah pedesaan.
Hal lain yang menjadi keraguan investor tidak berani berinvestasi karena uang yang beredar di daerah pedesaan tidak terlalu banyak sehingga tidak memenuhi standar kelayakan  bank. Koperasi yang ada di desa yaitu Koperasi Unit Desa (KUD) koperasi ini menjual berbagai kebutuhan pokok seperti sembako dan kebutuhan yang lainnya yang di anggap penting bagi masyarakat desa.
Misalnya di pedesaan mayoritas penduduknya sebagian besar petani maka koperasi tersebut menyediakan bibit untuk ditanami di ladang masing-masing ada juga pupuk serta barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat dan harganya pun relative murah
Keuntungan dari Koperasi Unit Desa (KUD) yaitu sbb :
·         Masyarakat dengan mudah mendapatkan kebutuhan pokok.
·         Harganya relatif murah dari pada harga pasar.
·         Masyarakat yang kurang mampu maka dengan adanya koperasi diharapkan dapat terbantu.
Faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan koperasi :
·         Kurangnya modal maka koperasi tidak dapat berjalan dengan baik.
·         Kurangnya pengetahuan tentang adanya koperasi.
·         Kurangnya tingkat kepercayaan kepada lembaga pemeintah.

PENUTUP

Kesimpulan
jadi koperasi adalah salah satu cara paling tepat untuk meningkatkan perekonomian di daerah pedesaan. Disamping itu koperasi juga dapat meringankan beban masyarakat dengan adanya koperasi masyarakat memperoleh harga yang lebih murah di bandingkan harga pasar pada umumnya.
Ibnuhasanhasibuan’s.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar